Sabtu, 13 September 2014

Aktivitas Gunung Slamet Semakin Meningkat

Aktivitas Gunung Slamet Semakin Meningkat. Seperti dikutip dari tribunnews, pada pukul 12.44 WIB (12-9-2014), terjadi letusan dan disertai suara dentuman yang kuat di Gunung Slamet. 

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulil pada tribunnews " pada pukul 13.35 WIB kembali terjadi letusan dengan dentuman kuat dan tertutup kabut".

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, berdasarkan pengamatan PVBMG Badan Geologi, pukul 00.00 WIB - 06.00 WIB terekam sampai 5x gempa letusan dan 124 kali gempa hembusan.

Untuk mengantisipasi potensi erupsi yang kemungkinan terjadi, Pemda Provinsi Jateng dan 5 kabupaten (Pemalang, Banyumas, Tegal, Purbalingga dan Brebes) telah siap menghadapi kemungkinan yang terburuk.

BPBD Jawa Tengah telah membagikan 56.000 masker kelima kabupaten pada tanggal 8 September 2014. BPBD Kab. Brebes telah berkoordinasi dengan 50 pemilik dan sopir truk serta mobil bak terbuka di 4 desa terdekat dengan Gunung Slamet jika diperlukan sewaktu waktu mereka telah siap.

4 desa terdekat dengan Gunugn Slamet tersebut adalah Desa Pandansari, igir Klanceng, Kalikidang, Kecamatan Paguyangan, Desa Dawuhan kecamatan Sirampog.


Artikel Terkait

Aktivitas Gunung Slamet Semakin Meningkat
4/ 5
Oleh