Jumat, 03 Januari 2014

Tips Sukses Cara Berternak Burung Kenari

Tips Sukses Cara Berternak Burung Kenari, kali ini saya akan memberikan tips menarik bagaimana cara memulai untuk berternak burung kenari dengan baik dan benar sampai menghasilakan anakan yang sehat dan siap dijual. Memang untuk berternak kenari gampang gampang susah, kita butuh ketelatenan dan memerlukan perawatan khusus saat proses perkawinan, merawat indukan dan samapi merawat anakan kenari.


Burung kenari saat ini memang memiliki nilai jual yang sangat tinggi sehingga tak heran banyak sekali pebisnis yang melirik untuk berternak burung kenari. Berbagai jenis burung kenari memang sangat banyak sekali variannya sebagai contoh saat ini harga burung kenari mencapai harga jutaan per ekor. Mungkin inilah yang menajdi daya tarik tersendiri bagi pebisnis burung kenari selain untuk mendengar kualitas suara kicauan burung kenari jug auntuk dijual dengan nilai yang tinggi.

Jenis jenis burung kenari sendiri sangat banyak mulai dari kenari lokal sampai dengan kenari import. Jenis burung kenari diantaranya adalah burung kenari AF Yorkshire, burung kenari frill, burung kenari gloster, burung kenari lizard, burung kenari lokal dan masih banyak lagi.

Nah setelah melihat info diatas, bagaimana cara kita memulai untuk berbisnis atau berternak kenari dengan benar, yuk ikuti step step yang diperlukan untuk memulai berternak kenari.

1. Harus bisa membedakan antara kenari jantan dan kenari betina.
Tidak lucu kan kalau kita membeli 2 ekor kenari jantan semua atau betina semua. Wah jadi kita harus mengetahui mana kenari jantan dan mana kenari betina, kalau dilihat dari anakan biasanya burung anakan kenari jantan yang berumur sudah 1 bulan kalau dipisah dari indukan, anakan kenari jantan biasanya sudah rajin berbunyi (ngerol), sementara untuk burung kenari anakan yagn betina, tidak berbunyi (ngerol). kalau dilihat dari sisi tubuh bentuk badan kenari jantan terlihat lebih ramping dan memanjang, sementara kalau nakan kenari betina cenderung bulat.

2. Usia burung kenari yang siap kawin
Budidaya kenari memang harus memperhatikan kapan sepasang burung kenari telah siap dijodohkan (dikawinkan). Pada umumnya umur  burung kenari jantan yang siap dikawinkan adalah umur 8 bulan, sedangkan untuk burung kenari betina berumur 6 bulan. nah setelah mengetahui kapan umur burung kenari yang siap kawin yuk kita lanjutkan ke step berikutnya untuk budidaya kenari yang benar.

3. Perjodohan burung kenari jantan dan betina
Percodohan ini gampang gampang susah, dan ada berbagai cara untuk melakukannya diantaranya yaitu menempatkan kenari dalam sangkar khusus yagn tengahnya diberi sekat. Tujuannya agar kedua kenari dapat saling mengenal beberapa hari sebelum dijadikan satu, sehingga kedua kenari tidak akan berkelahi. Pada masa perjodohan burung kenari, kit asiapkan sarang burung kenari (biasanya sarang burung kenari telah banyak dijual di pasar pasar burung atau toko yang menjual pakan burung). Biasanya secara alami burung indukan kenari tersebut akan mengayam sendiri sangkar yang telah kita siapkan. Setelah burung kenari betina terlihat mengeram, burung akan bertelur 1 hingga 4 butir. Kalau burung kenari yang sudah produktif biasanya menghasilkan telur sampai 6 butir.

4. Kandang atau sangkar burung kenari
Ini juga memperngaruhi proses budidaya kenari, usahakan tempatkan sangkar pada tempat yang tidak bergoyang goyang yaitu menempel pada dinding. Jauhkan sangkar dari ganggunan serangga dan semut. Dan usahakan juga tempat kandang untuk kenari betina mengerami anaknya jauh dari keramaian agar kenari betina tidak terganggu.

5. Proses pengeraman indukan kenari
Proses pengeraman indukan burung kenari biasanya memakan waktu sekitar 12 hari sampai 14 hari tergantung dari cuaca suhu di dalam ruangan tersebut. Biasanya para peternak burung kenari menambahkan lampu 5 watt dalam sangkar burung kenari. Setelah beberapa hari (12 hari) telur akan menetas dan biasanya akan diikuti telur berikutnya slang satu hari. Pada masa telur sudah terlihat menetas, burung kenari pejantan bisa disatukan atau bisa juga tetap di jadikan satu dalam sangkar, tergantung dari sifat karakter kenari pejantan. Tambahkan ekstra makanan dan nutrisi bagi kenari saat anakan kenari cepat besar.

Semoga info tentang bagaimana cara berternak kenari dengan benar dan baik diatas dapat bermanfaat bagi anda yang akan memulai bisnis berternak kenari. Memang kita butuh ketelatenan dan kesabaran saat merawat burung kenari sampai bakalan dan menjadi indukan yang siap kawin.

Artikel Terkait

Tips Sukses Cara Berternak Burung Kenari
4/ 5
Oleh